Italia Siapkan Formasi Ofensif (4-3-3) Guna Hadapi Perancis

Italia akan memakai formasi menyerang 4-3-3 saat menghadapi Prancis di laga ujicoba, Kamis (15/11/2012) dinihari nanti. Antonio Candreva, Mario Balotelli dan Stephan El Shaarawy akan diplot sebagai penyerang.

Rencana penggunaan formasi 4-3-3 diungkapkan secara langsung oleh pelatih Azzurri, Cesare Prandelli, dalam sebuah wawancara. Laga kontra Prancis tersebut akan berlangsung pada Kamis (15/11/2012) dinihari WIB di stadion Ennio Tardini, markas Parma.

“El Shaarawy akan bermain di posisi yang biasa ia mainkan di AC Milan, Balotelli akan menjadi penyerang tengah, dan Candreva akan bermain di sebelah kanan,” jelas Prandelli di Football Italia.

“Saya akan menyuruh para penyerang untuk bermain lebih ke dalam dan memenuhi area (pertahanan lawan) untuk mendapatkan gol. El Shaarawy dan Candreva sangat memiliki karakter menyerang, dan para pemain tengah harus bekerja untuk membantu (performa) mereka.”

“Gelandang tengah (bertahan) tak hanya harus membuat keseimbangan, tetapi juga ikut berpartisipasi saat menyerang dan mencari gol.”

“Dalam hal penguasaan bola, karena kami tak memiliki gelandang keempat, maka kami akan jarang menguasai bola dan lebih fokus ke lini depan. Sementara ketika tanpa bola, kami harus mengulangi pergerakan yang sama dalam beberapa pertandingan terakhir,” papar Prandelli.

Secara praktik, 4-3-3 Prandelli kemungkinan akan berubah menjadi pola 4-3-1-2, di mana Candreva akan bertugas menjadi trequartista, seperti yang kerap ia lakoni di Lazio. Atau menjadi 4-3-2-1, dengan El Sharaawy dan Candreva tetap bermain sebagai inside forward di kedua sisi.

-detiksport-

No related posts.

This entry was posted in News. Bookmark the permalink.